Kentang Rebus: Kandungan Kalori dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Kentang menjadi salah satu jenis umbi yang kerap dinikmati. Pasalnya, umbi yang satu ini, selain memiliki rasa yang nikmat, juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa kentang sering dijadikan pengganti nasi. Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang tingkat kalori kentang rebus serta manfaatnya untuk kesehatan.
Memang, merebus adalah salah satu cara untuk mengolah kentang. Meskipun hanya direbus saja, kentang sudah memiliki rasa yang nikmat dan banyak disukai oleh berbagai kalangan.
Lantas, berapa kandungan kalori yang ada dalam kentang rebus?
Kentang Rebus Kandungan Kalori dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Tingkat Kalori Kentang Rebus
Seperti yang diketahui, kalori adalah salah satu zat yang cukup penting untuk tubuh. Selain berpengaruh pada pertumbuhan, kalori juga berpengaruh pada produksi tenaga dari dalam tubuh.
Terkait sajian kentang rebus, adapun tingkat atau banyaknya kalori yang terkandung di dalamnya adalah sebagai berikut :
• Terdapat sekitar 87 kalori dalam 100 gram kentang rebus
• Terdapat sekitar 140 kalori dalam 1 mangkuk kentang rebus
• Terdapat sekitar 178 kalori dalam 1 porsi kentang rebus setara dengan 205 gram

Dilihat dari informasi di atas, bisa dikatakan bahwa kentang rebus memiliki kandungan kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan kentang goreng. Selain itu, perlu diketahui bahwa tubuh sendiri sebenarnya memiliki batasan tentang konsumsi kalori sehingga tingkat kandungan kalori harus dipertimbangkan dalam pola asupan sehari-hari.

Manfaat Kentang Rebus Untuk Kesehatan
Meskipun ‘hanya’ berupa kentang rebus, namun panganan yang satu ini memiliki cukup banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh secara umum. Adapun beberapa manfaat dari kentang rebus diantaranya adalah :

1. Menjaga kesehatan tulang
Salah satu manfaat terbesar kentang rebus adalah menjaga kesehatan tulang secara alami. Pasalnya, di dalam kentang terdapat kandungan zat besi, kalsium, magnesium, zinc dan fosfor yang baik untuk kepadatan tulang. Selain itu, zat besi dan zinc juga memiliki peran penting dalam pematangan kolagen.

2. Menurunkan tekanan darah
Jika Anda memiliki masalah tekanan darah yang tinggi, mengonsumsi kentang rebus adalah pilihan yang tepat. Pada kentang rebus terdapat kandungan kalium yang cukup tinggi. Kandungan inilah yang secara alami akan menurunkan tekanan darah hingga ke level normal.

3. Menjaga sistem pencernaan
Sistem pencernaan merupakan sistem yang sangat penting dalam tubuh karena berhubungan dengan penyerapan nutrisi. Nah, kentang rebus adalah sajian yang baik untuk menjaga sistem ini. Hal ini dikarenakan kentang memiliki kandungan serat tinggi yang secara alami bisa menjaga sistem pencernaan dan mencegah sembelit.

Dengan beragam manfaat yang didapatkan, tentu mengonsumsi kentang rebus secara teratur cukup disarankan. Anda juga bisa membaca artikel gizi lainnya untuk mendapatkan informasi lain seputar kentang rebus!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Profil Kasper Schmeichel, Mantan Kiper Leicester yang Kini Gabung Nice, sang Ayah Legenda MU
Next post Kelebihan dan Kekurangan Toyota Veloz 2022!