China Siap Impor 1 Juta Ton CPO dari Indonesia

China berkomitmen mengimpor sebanyak 1 juta ton minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) dari Indonesia serta produk pertanian lainnya. "China adalah mitra strategis komprehensif Indonesia. Kita harus mengisi kemitraan tersebut dengan kerja sama yang menguntungkan," kata Presiden Jokowi dalam keterangan tertulis usai melakukan pertemuan dengan Presiden Republik Rakyat China Xi Jinping, Selasa (26/7/2022). Dalam pertemuan tersebut Indonesia dan China mencapai tujuh kesepakatan kerjasama bilateral di antara kedua negara.

Tujuh kesepakatan tersebut ialah, pertama, pembaruan nota kesepahaman Sinergi Poros Maritim Dunia dan Belt Road Initiative. Kedua, nota kesepahaman kerja sama pengembangan dan penelitian vaksin dan genomika. Ketiga, kerjasama memorandum of understanding (MoU) mengenai pembangunan hijau. Keempat, pengaturan kerja sama kelautan. Kelima, protokol mengenai ekspor nanas Indonesia. Keenam, pengaturan kerja sama pertukaran informasi dan penegakan pelanggaran kepabeanan. Ketujuh, rencana aksi kerja sama pengembangan kapasitas keamanan siber dan teknologi.

Dalam pertemuan tersebut, kedua pemimpin menyampaikan komitmennya untuk memperkuat kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan bagi kedua negara sekaligus kawasan dan dunia. Laporan Reporter: Ratih Waseso | Sumber:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Risiko Jika Timnas Indonesia Keluar dari AFF dan Gabung EAFF, Benarkah Skuad Garuda Paling Lembek?
Next post Pesan Wali Kota Jakarta Selatan Saat Silaturahmi dengan Paguyuban Tenis Meja Al-Huda