Jokowi Resmi Lantik Megawati Jadi Ketua Dewan Pengarah BPIP hingga 2027

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Megawati Soekarnoputri kembali sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) periode 2022 2027, Selasa (7/6/2022). Pelantikan tersebut, digelar di Istana Negara, Jakarta siang ini. Dalam pelantikan, Jokowi membacakan sumpah jabatan yang diikuti Megawati dan sejumlah pejabat BPIP.

Namun, sebelumnya Jokowi bertanya kepada sejumlah pejabat yang akan dilantik apakah bersedia mengambil sumpah janji menurut agama masing masing. Kemudian, para pejabat BPIP mengikuti ucapan sumpah janji yang dibacakan Presiden. "Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia menghayati dan mengamalkan Pancasila dalam menjalankan tugas dan kehidupan sehari hari.”

“Akan menjunjung tinggi etika jabatan, beekrja dengan sebaik baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjaga integritas, tidak menyalahgunakan kewenangan, serta menghindarkan diri dari perbuatan tercela,” imbuhnya. Selain Megawati Soekarnoputri, Jokowi juga melantik sejumlah pejabat Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) 2022 2027. Di mana Yudian Wahyudi sebagai Kepala BPIP dan Karjono dilantik sebagai Wakil Kepala BPIP.

MegawatiSoekarnoputri Try Sutrisno Said Aqil Siroj

Muhammad Amin Abdullah Andreas Anangguru Yewangoe Rikard Bangun

Wisnu Bawa Tenaya Sudhamek Yudian Wahyudi

BPIP Karjono Dilansir dari laman resmi , BPIP merupakan lembaga yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden yang memiliki tugas membantu Presiden dalam merumuskan arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila. BPIP juga melaksanakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian pembinaan ideologi Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan, dan melaksanakan penyusunan standardisasi pendidikan dan pelatihan.

Selain itu, BPIP bertugas memberikan rekomendasi berdasarkan hasil kajian terhadap kebijakan atau regulasi yang bertentangan dengan Pancasila kepada lembaga tinggi negara, kementerian/lembaga, pemerintahan daerah, organisasi sosial politik, dan komponen masyarakat lainnya. BPIP merupakan revitalisasi dari Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKPIP). Simak berita lainnya terkati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Kampanyekan Wonderful Indonesia, Maskot Aice Mochi Baby Tampil Imut dengan Busana Tradisional
Next post FAKTA-FAKTA Irfan Hakim Masuk RS karena Kripik Pedas: Kondisi Terkini hingga Kepanikan Tanboy Kun