Pasar Kripto Tertekan, Ini Langkah yang Perlu Dilakukan Investor

Zipmex Indonesia memberikan beberapa langkah yang bisa dilakukan investor di tengah tekanan kondisi pasar aset kripto. Head of Growth Zipmex Indonesia Siska Lestari mengatakan, investor perlu seimbangkan kembali proporsi aset pada portofolio investasi, sebaiknya meninjau ulang aset kripto yang tidak memiliki value jangka panjang dan mempelajari kembali kekuatan fundamental aset kripto dalam portofolio investasi. "Informasi mengenai fundamental sebuah aset kripto dapat dipelajari melalui whitepaper yang dipublikasikan, kredibilitas tim pembangun, sejarah harga jual beli, serta kapitalisasi pasar aset kripto tersebut," kata Siska, Senin (16/5/2022).

Kemudian, kata Siska, investor perlu meluangkan waktu lebih banyak untuk melakukan due diligence yang lebih mendalam pada proyek NFT dan aset kripto lainnya. Menurutnya, kondisi pasar yang fluktuatif merupakan waktu yang tepat untuk menilai kekuatan fundamental proyek proyek NFT, ataupun proyek berbasis aset kripto lainnya beserta profesionalitas tim di baliknya. "Proyek proyek dengan fundamental yang kuat akan memiliki ketahanan yang lebih solid terhadap sentimen negatif serta tim yang tetap hadir untuk menjawab pertanyaan investornya," ucap Siska.

Selain itu, investor juga harus menggunakan platform legal yang memberi bonus bunga, di mana beberapa platform memiliki fitur yang memberikan bonus dalam bentuk bunga atas setiap aset kripto yang disimpan. "Melalui fitur ini, investor akan tetap mendapatkan pertumbuhan aset kripto yang dimilikinya terlepas dari naik turunnya harga aset terhadap mata uang fiat. Tentunya, investor juga perlu memilih platform yang telah mengantongi izin resmi dari regulator," paparnya. Siska pun meminta investor untuk pelajari kondisi pasar terkini dari sumber terpercaya, sebab kebanyakan aset kripto memang memiliki volatilitas yang cukup tinggi.

Maka dari itu, Siska menyebut, penting untuk memilih aset kripto yang tepat sesuai dengan profil risiko yang dimiliki dan senantiasa memperhatikan perkembangan dinamika pasar. Selain cara cara tersebut, tentunya investor juga perlu melakukan riset secara mandiri dan berinvestasi pada aset kripto sesuai dengan masing masing profil risiko yang dimiliki dan memilih platform investasi yang memiliki strategi khusus untuk melindungi investor dari dampak negatif fluktuasi pasar. Seperti pada kasus perubahan harga aset LUNA, kata Siska, Zipmex memiliki cara yang unik dalam melindungi investornya.

“Untuk melindungi portofolio pengguna, kami telah melakukan delisting aset LUNA di platform Zipmex. Sebagai kompensasi, seluruh aset LUNA yang dimiliki oleh pengguna Zipmex akan dikonversi menjadi aset USDT,” tutur Siska.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post Joan Mir dan Alex Rins Bakal Temui Hambatan Gabung Ke Tim Yamaha Musim Depan
Next post Berita Milan, Manuver Maldini ke Asllani, Rossoneri Dekati Pilar Man City yang Jadi Korban Haaland